HALALKAH BISNIS ORIFLAME?

Mungkin banyak temen-temen muslim yang ragu, bisnis model Oriflame seperti ini halal ga sih? Kali ini saya coba bahas 12 fatwa MUI tentang MLM halal dan fakta tentang Oriflame ya…

MUI mengeluarkan fatwa Dewan Syariah Nasional No : 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) yang ditandatangani pada 25 Juli 2009. Softcopy fatwa tersebut dapat diunduh di URL : http://hukum.unsrat.ac.id/inst/dsn2009_75.pdf  ya…

  •  Fatwa 1 : Adanya objek transaksi riil yang diperjualbelikan, baik berupa barang maupun jasa

Apakah Oriflame memenuhi syarat tersebut?   YA!

Oriflame memiliki ratusan produk riil yang diperjualbelikan. Produknya sangat beragam, bisa menjangkau semua rentang usia. Ada produk untuk anak, dewasa baik pria maupun wanita. Konsultan Oriflame menawarkan produk menggunakan katalog yang terbit setiap bulan.

  •  Fatwa 2 : Barang / jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram

Apakah Oriflame memenuhi syarat tersebut?   YA!

Produk Oriflame sangat bermanfaat untuk penampilan maupun kesehatan. Nutrishake sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan produk lain sedang dalam proses. Semua produk Oriflame tidak dibuat dari bahan-bahan yang berbahaya dan diharamkan serta sudah lolos Depkes dan BPOM.

  • Fatwa MUI 3 : Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur Garar, Maysir, Riba, Dharar, Dzulm, Maksiat.

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Transaksi jual beli yang dilakuka tidak mengandung unsur penipuan / maksiat. Konsumen yang membeli produk akan membayar kepada konsultan sesuai harga yang tertera pada katalog bulan berjalan. Jika seseorang bergabung menjadi member, hanya akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 49.900,-  dan akan mendapatkan starter kit (buku panduan manual dan katalog) saja. Tidak mendapatkan produk apapun dalam starter kit tersebut

  • Fatwa MUI 4 : tidak ada kenaikan harga yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang didapatkan

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Produk Oriflame dijual dengan harga yang MASUK AKAL berdasarkan kualitas. Setiap bulan ada promo yang berbeda-beda sesuai strategi marketing dari manajemen Oriflame, sehingga harga produk menyesuaikan promo yang berlaku. Jika kita berjualan, kita akan mendapat keuntungan sebesar 23% dari harga katalog.

  • Fatwa MUI 5 : Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Di Oriflame tidak ada bonus atau cashback ketika merekrut. Semua penghasilan ditentukan berdasarkan omset yang dicapai. Omset akan kembali ke nol setiap awal bulan. Perhitungan performance discount atau gaji sangat jelas dan fair. Tidak ada istilah “posisi menentukan prestasi” atau yang lebih dulu gabung akan lebih sukses. Semua diukur berdasarkan kinerja konsultan pada bulan berjalan. Jadi walaupun memiliki downline 100 orang tapi tidak melakukan aktivitas jual beli ya tidak akan mendapatkan bonus apapun.

  • fatwa MUI 6 : Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Bonus di Oriflame dihitung menggunakan rumus yang pasti sesuai dengan level konsultan. Perhitungan tersebut sudah dijelaskan secara detail di marketing plan Oriflame. Ada reward berupa mobil, rumah, perjalanan ke luar negeri yang juga sudah jelas cara perhitungan bagaimana mencapainya. Oriflame juga menyediakan tools untuk menghitung target setiap bulan.

  • Fatwa MUI 7 : Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Sebagai konsultan Oriflame yang memilih untuk berkarier, ada 3 job desk utama yang harus dijalani yaitu : tutup poin, rekrut dan bina. Tutup poin adalah bentuk komitmen dan syarat ditranfernya bonus. Merekrut adalah mengajak orang lain untuk bergabung menjadi konsultan. Setelah itu, mereka yang telah bergabung berhak mendapatkan pembinaan dari sponsor/upline tentang bagaimana cara menjalankan bisnis ini. Jika tidak melakukan ketiganya, maka tidak akan mendapatkan bonus atau penghasilan.

  • Fatwa MUI 8 : Pemberian komisi/bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan igra’

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Igra’ maksudnya adalah iming – iming yang berlebihan, berlebihan ini relatif banget ya. Oriflame memberikan cash award berupa mobil, rumah, perjalanan ke luar negeri , dll kepada konsultannya yang “berhasil” mencapai target tertentu. Perhitungan bagaimana mencapai target tersebut juga sudah ada perhitungan riilnya, jadi semua reward tersebut didapatnya juga pake KERJA KERAS ya, bukan sim salabim.

  • Fatwa MUI 9 : Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dan berikutnya

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Di Oriflame, bonus dibayarkan berdasarkan kinerja / prestasi, bukan berdasarkan urutan bergabung.  Bergabung lebih dulu bukan jaminan seorang konsultan akan memiliki gaji lebih besar dari downlinenya. Downline yang lebih aktif, bekerja lebih giat dari uplinenya gajinya bisa melampaui uplinenya. Jadi jelas ya sistemnya fair alias adil.

  • Fatwa MUI 10 : Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan akidah, syariah, dan akhlak mulia seperti syirik, kultus, maksiat, dan lain lain.

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Di Oriflame ada acara leaders meeting setiap tanggal 1. Tujuannya untuk memberikan update info terbaru, promo-promo dan merecognisi konsultan yang telah berhasil melakukan pencapaian pada bulan lalu. Recognisi hanyalah bentuk apresiasi atau penghargaan dari Oriflame bagi para konsultannya agar memotivasi konsultan lain untuk terus berjuang dan berproses di bisnis ini.

  • Fatwa MUI 11 : Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap anggota yang direkrut tersebut .

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Membina adalah salah satu job desk yang WAJIB dilakukan oleh pebisnis Oriflame. Me-maintain downline setiap bulan, memberikan training dan motivasi, membantu mencari solusi setiap permasalahan downline tentang bisnisnya adalah kewajiban sponsor/upline. Karena setiap downline adalah AMANAH yang harus dibantu untuk sukses.

  • Fatwa MUI 12 : Tidak melakukan kegiatan MONEY GAME

Apakah Oriflame memenuhi ?  YA!

Money Game didefinisikan sebagai : kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik pemberian komisi dan bonus dari hasil perekrutan mitra usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Jelas bahwa di Oriflame tidak ada bonus dari merekrut dan tidak ada bonus pairing atau pasangan. Bonus diberikan berdasarkan omzet setiap bulannya. Barang yang diperjualbelikan pun sebanding antara harga dan kualitasnya. Dan sekali lagi jika tidak ada aktivitas jual beli, maka tidak ada bonus apapun.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya, dengan merujuk pada keduabelas point fatwa MUI tersebut aktifitas bisnis Oriflame Insya Allah HALAL karena tidak ada yang melanggar satu fatwa pun. Tulisan ini dibuat untuk sekedar meluruskan bahwa tidak semua bisnis Multi Level Marketing itu seperti yang ditakutkan orang-orang. MLM hanyalah sebuah strategi pemasaran dalam perusahaan. Dan dari bisnis MLM pun jika dilakukan dengan serius juga bisa menjadi jalan meraih kesuksesan

#OriflameChangesLives

*diambil dari presentasi Rika Rastyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *