7 tips menjadi mommy yang happy dan produktif

Hai hai mommy-mommy kece semuaa…Gimana harinya? Semoga menyenangkan ya…
Klo segala sesuatu berjalan sesuai rencana pasti harinya jadi menyenangkan ya. Tapi suka ngerasa ga sih? Kadang kita stress karena terlaluuu banyak hal yang harus kita selesaikan dalam 1 hari? Dari pagi bangun tidur udah rempong nyiapin keperluan anak dan suami. Suami dan anak berangkat kerja dan sekolah, kita yang harusnya lanjut dengan seabrek kerjaan rumah kadang mampir ke dapur bikin teh bentar, terus ngeteh sambil scroll up and down di hp dan tau-tau udah jam 10 aja. Duuuh anak dah waktunya pulang belum lagi kerjaan rumah belum jadi kepegang…wkwkwk hayooo ngaku sapa yang kadang kaya gini?

Hehehe …
kadang kondisi di atas jadi bikin kita ngerasa kesel sama diri sendiri dan ujung-ujungnya marah-marah atau sedih. Nah kadang juga nih larinya jadi ke anak dan suami yang ga ngerti apa-apa. Jadi gimana dong solusinya? Sebenernya ada tips mudah supaya mommy-mommy kece semua bisa stay happy dan productive pada saat yang bersamaan. Sama kaya mommy kece semua yang punya segudang aktivitas, saya juga, mulai dari jadi mommy, istri, mahasiswi s2, dan sekaligus pebisnis oriflame saya punya segudang aktivitas yang harus saya selesaikan tiap hari. Jadi gimana caranya saya menghindari diri dari terjebak aktivitas yang membuat kita tidak productive dan ujung2nya jadi ga happy?

Gini caranya :
1. Organize, organize, dan organize
Kunci pertama supaya waktu kita yang sama sama cuma 24 jam ini bisa efektif adalah dengan meng-organize seluruh aktivitas kita. Dengan mengorganize semua hal kita bisa menghemat waktu, pikiran dan tenaga. Contoh kecil yang saya biasa lakukan adalah meng-organize menu makanan keluarga selama seminggu kedepan. Mulai dari menu sarapan, snacks, makan siang, snack sore, sampai makan malam saya organize selama 6 hari penuh. Minggu sengaja saya kosongkan untuk istirahat dan kemungkinan untuk makan diluar bersama keluarga atau sekedar nongkrong bareng teman-teman oriflame. Mungkin bagi mommy-mommy yang udah jago masak hal ini terdengar lucu, tapi bagi saya yang ga bisa-bisa amat masak mengorganize menu ini membantu sekali saya menentukan kombinasi menu yang sehat dan seimbang bagi keluarga saya, dan tentunya menghemat pagi saya dari merenung berlama-lama tentang apa yang akan saya masak hari ini. Jujur aja ini adalah beban pikiran bagi semua emak-emak sepanjang masa kan? Dari meng-organize menu ini, saya juga bisa membuat list belanja untuk 2 hari kedepan (karena saya tidak mau menyimpang terlalu banyak makanan di dalam kulkas, biar lebih segar bahan makanannya). Menghemat waktu belanja juga, dan tentunya juga menghindarkan kita dari menjadi impulsive buyer yang kadang bikin anggaran membengkak.

2. Bangun lebih pagi dan selalu di jam yang sama
Bangun 1 jam lebih pagi dari biasa mommy bangun itu bagus banget. Rentang waktu antara jam 4 sampai 5 pagi adalah waktu terbaik untuk bangun. Dengan bangun lebih awal, mommy sebenernya sudah memberi waktu bagi diri sendiri yang kebanyakan sering dikeluhkan para mommy dengan kurangnya “me time”. me time bisa apa saja. Klo saya me time pagi hari saya adalah minum teh sambil menikmati video ringan tentang tausiah, motivational video, atau kisah inspiratif lainnya. Ingat saat bangun tidur adalah saat gelombang otak berada pada zona alpha, saat yang tepat untuk memprogram diri sendiri dengan segala sesuatu yang positif. Beberapa mommy kece lainnya mengisi me time dengan mandi, membaca buku, dsb. Apapun itu selama itu membahagiakan para mommy klo menurut saya sih oke2 aja dilakukan. dan kenapa penting untuk selalu bangun pada jam yang sama? Karena itu adalah salah satu cara untuk memprogram diri kita supaya kita lebih disiplin. Dengan bangun lebih awal dan menikmati me time, maka mommy kece semua akan merasa siap menaklukkan segala tantangan dunia hari itu.

3. Take care of yourself first / uruslah dirimu sendiri terlebih dahulu
Sebelum mengurus keluarga pastikan mommy mengurus diri mommy sendiri dulu. Ini penting karena dengan merasa diri telah terurus mommy memberi sugesti kepada diri sendiri sensasi siap menghadapi hari. Contoh bandingkan mana yang lebih menyenangkan antara bangun dan mengurus keluarga sampai kelelahan di siang hari dan tak sempat mandi, atau bangun pagi mandi dan berdandan terlebih dahulu, merasa cantik dan kemudian siap menghadapai semua? Pasti akan lebih menyenangkan yang kedua kan? Plus bonus pujian dari anak ataupun suami dipagi hari bisa jadi mood booster yang luar biasa kan?

4. Strict to the schedule / tepati jadwal
Meskipun hanya di rumah semua mommy harus punya jadwal / agenda apa yang akan dilakukan hari ini. Terlebih lagi jika anda adalah mommy bekerja seperti saya. Agenda adalah kunci untuk membagi waktu yang terbatas. Agenda antara ibu rumah tangga dan ibu bekerja pasti akan berbeda namun tetap kita pasti punya hal yang ingin diselesaikan. Contoh agenda mommy rumah tangga yang sederhana :
08.00 – 09.00 – belanja
09.00 – 11.00 – menyelesaikan pekerjaan rumah
11.00 – 12.00 – menyiapkan makan siang anak dan jemput anak
12.00 – 13.oo – menemani anak makan siang dan bermain sebentar
13.00 – 15.00 – sementara anak tidur siang mommy bekerja dirumah mengerjakan bisnis oriflamme
Contoh agenda mommy bekerja sederhana :
08.00 – 12.00 – bekerja dikantor
12.00 – 13.00 – istirahat sambil mengerjakan bisnis online oriflamme
13.00 – 15.00 – focus pada pekerjaan kantor
15.00 – 15.30 – perjalanan pulang, mampir belanja
15.30 – 16.00 – sampai dirumah , istirahat sejenak sambil mengerjakan hoby ringan seperti menyiram tanaman
Dst

Tentunya semua jadwal diatas bias diatur sedemikian rupa hingga fleksibel. Seperti ketika anak rewel mungking agenda kita alihkan terlebih dahulu untuk focus pada anak.

5. Be present
Banyak yang gagal meskipun telah membuat jadwal seperti itu kenapa? Karena mereka tidak be present. Artinya apa? Tidak focus dan tidak ada pada waktu kegiatan tersebut dilakukan. Contoh ketika seharusnya mommy mengerjakan pekerjaan rumah, mommy tidak focus dan justru mengerjakan pekerjaan lainnya, begitu pula ketika saatnya bermain dengan anak, mommy justru mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Hal inilah yang sering membuat kita gagal dan kemudian merasa hal ini tidak berhasil. Ingat mommy – mommy “be present” dengan begitu kita belajar menghargai waktu dan mengalihkan 100% pikiran, tenaga dan waktu kita untuk mengerjakan sesuatu dan berhasil sehingga kita tidak perlu mengulanginya dilain waktu.

6. Eat healthy food
Ibarat motor jika ingin baik maka beri bahan bakar yang baik, begitu pula tubuh kita. Untuk mengerjakan semua pekerjaan, kita harus memberi tubuh kita bahan bakar yang baik berupa makanan yang sehat. Makanan yang baik dan sehat membantu tubuh kita mencapai performanya yang optimal sehingga membuat kita berenergi dan tidak mudah lemas. Mommy dilarang sakit kan? hehe

7. Relax and stay positif
Stay positif adalah kunci kebahagiaan yang sesungguhnya. Apapun keadaannya stay positif. Cara pandang yang Positif terhadap sesuatu mengubah banyak hal. Contoh kita sudah susah payah berdandan ternyata teman-teman membatalkan acaranya secara mendadak dan sepihak, jika kita mengedepankan emosi negative tentu perasaan kecewa dan marah akan mempengaruhi mood kita seharian. Namun jika kita menanggapinya dengan positif seperti anggaplah kita disuruh berdandan cantik hari itu untuk suami, maka pikiran kita tidak akan terlalu tegang dan kita lebih bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *